JENIS-JENIS SOFTWARE

SOFTWARE SISTEM/ SYSTEM SOFTWARE

Software sistem berfungsi untuk mengendalikan dan mendukung sistem komputer dan aktifitas pengolahan informasi. Software sistem memfasilitasi pemrograman, pengujian dan pencarian-perbaikan kesalahan dari program komputer. Contohnya ialah sistem operasi (Microsoft Window 95-98, Microsoft XP, Novell, Linux, Unix,Macintosh), driver (VGA driver, USB driver, Printer Driver).

Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.

SOFTWARE PEMROGRAMAN

Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.

Software pemrograman/ bahasa pemrograman berfungsi untuk menyediakan alat untuk membuat software aplikasi. Software pemrograman terdiri dari editor tempat mengetikkan perintah-perintah bahasa pemrograman, compiler, interpreter, debugger dan fasilitas lain yang berbeda dari satu software pemrograman dan yang lainnya.

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

SOFTWARE APLIKASI / APPLICATION SOFTWARE

Software aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak
komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas khusus yang diinginkan pengguna. Aplikasi biasanya digunakan untuk otomasi pada industri, untuk keperluan bisnis, untuk keperluan pendidikan, untuk keperluan kesehatan, untuk pengolahan data pada database dan untuk hiburan. Penggunaan software aplikasi terbesar adalah pada bidang bisnis. Hal lain yang diotomasi pada umumnya menggunakan software aplikasi. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s